Terjemahan Teks Tanjung Puting National Park Chapter 4 Task 1 Halaman 53 (Reading) Kelas 10

Admin November 09, 2021
Terjemahan Teks Tanjung Puting National Park Chapter  Terjemahan Teks Tanjung Puting National Park Chapter 4 Task 1 Halaman 53 (Reading) Kelas 10
- Reading merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki oleh semua siswa dalam mencar ilmu bahasa asing, utamanya bahasa Inggris. Kemampuan reading yang bagus tercermin dari pengucapan kata yang benar sesuai penutur aslinya dan pengertian isi teks, sehingga memahami maksud dari bacaan yang sudah di baca.


Untuk membuat lebih mudah pengertian baca ini, tentunya kita mesti tahu arti setiap kalimat dari setiap paragraf yang disuguhkan. Oleh lantaran itu, saya akan mengobrol terjemahan dari teks Tanjung Puting National Park yang ada di buku Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA / MAK kelas X (sepuluh) untuk mengendorkan kerja guru maupun siswa di sekolah dan di rumah.

O,ya teksnya akan saya terjemahkan per paragraf agar mudah menyaksikan teks aslinya. Terjemahannya ada di dalam kotak berwarna abu-abu.

  READING  

Task 1:
Now, read text 1 carefully. What do you think about the place described below?
Sekarang, baca teks 1 dengan cermat. Apa rekomendasi Anda tentang kawasan yang diterangkan di bawah ini?

Text 1
TANJUNG PUTING NATIONAL PARK

    Tanjung Puting National Park is an internationally famous ecotourism destination, which is located in the southwest of Central Kalimantan peninsula. Visitors from foreign countries come to this park because of its amazing nature. This is called a park, but unlike any park that you have seen in your city, this is a jungle! It is a real jungle, which is home to the most interesting animal in the world: orangutans.
    Taman Nasional Tanjung Puting merupakan tujuan ekowisata yang terkenal secara internasional, yang terletak di barat daya semenanjung Kalimantan Tengah. Pengunjung dari luar negeri tiba ke taman ini lantaran keindahan alamnya. Ini disebut taman, tapi tidak menyerupai taman mana pun yang pernah Anda lihat di kota Anda, ini merupakan hutan! Ini merupakan hutan yang nyata, yang merupakan rumah bagi binatang paling menawan di dunia: orangutan.

    Though the park is home to many animals, seeing orangutans is usually the visitors’ main reason to visit the park. Orangutans, which literally mean the man of the forest, are the largest arboreal animal on the planet. Most of their lives are spent in trees where orangutans travel from branch to branch by climbing or swinging with their long arms.

    Meskipun taman ini merupakan rumah bagi banyak hewan, menyaksikan orangutan umumnya menjadi argumentasi utama hadirin untuk mendatangi taman tersebut. Orangutan, yang secara harfiah memiliki arti insan hutan, merupakan binatang arboreal paling besar di planet ini. Sebagian besar hidup mereka dihabiskan di pepohonan kawasan orangutan melakukan perjalanan dari cabang ke cabang dengan memanjat atau berayun dengan tangan yang panjang.



    To see orangutans, we should go to Camp Leakey, which is located in the heart of Tanjung Puting National Park. Camp Leakey is a rehabilitation place for ex-captive orang utans and also a preservation site. It is also a famous center for research about orangutans which has been conducted by the famous primatologist Dr. Birute Galdikas since 1971. Here visitors can see daily feedings to orangutans at jungle platforms as part of the rehabilitation process to their natural habitat. This event gives them opportunity to see orangutans up close.

    Untuk menyaksikan orangutan, kita mesti pergi ke Camp Leakey, yakni terletak di jantung Taman Nasional Tanjung Puting. Camp Leakey merupakan suatu kawasan rehabilitasi orangutan bekas penangkaran dan juga kawasan pelestarian situs. Ini juga merupakan sentra observasi yang terkenal tentang orangutan yang sudah ditangani oleh luar biasa primata terkenal Dr. Birute Galdikas sejak 1971. Di sini hadirin sanggup menyaksikan proteksi makan harian untuk orangutan di panggung hutan selaku bab dari proses rehabilitasi habitat aslinya. Acara ini mengobrol peluang terhadap mereka untuk menyaksikan orangutan dari dekat. 

    To reach the place, we should take a boat down Sekonyer river. The boat is popularly called bahtera klotok which is a boathouse that can accommodate four people. The trip by the boat to Camp Leakey takes three days and two nights. You sleep, cook, and eat in that klotok, night and day during your journey into the jungle.

    Untuk meraih kawasan itu, kita mesti naik bahtera menyusuri sungai Sekonyer. Perahu ini terkenal dengan nama bahtera klotok yang merupakan gudang bahtera yang sanggup memuat empat orang. Perjalanan dengan bahtera ke Camp Leakey menyantap waktu tiga hari dua malam. Anda tidur, memasak, dan makan di klotok itu, siang dan malam selama perjalanan Anda ke dalam hutan.

Terjemahan Teks Tanjung Puting National Park Chapter  Terjemahan Teks Tanjung Puting National Park Chapter 4 Task 1 Halaman 53 (Reading) Kelas 10

    The traveling in the boat offers an unforgettable experience. In daylight, on your way to Camp Leakey, you can see trees filled with proboscis monkeys, monkeys that have enormous snout which can only be found in Kalimantan. The monkeys anxiously await klotok arrivals. A troop of 30 light-brown monkeys may plunge from branches 10 meters or higher into the river and cross directly in front of the boat. These monkeys know that the boat’s engine noise and the threat of its propeller scare crocodiles, which find these chubby monkeys delicious. At night, you can enjoy the clear sky and the amazingly bright stars as the only lights for the night.

    Bepergian dengan bahtera menampilkan pengalaman yang tak terlupakan. Di siang hari, dalam perjalanan menuju Camp Leakey, Anda bisa menyaksikan pepohonan yang dipenuhi bekantan, monyet yang memiliki moncong besar yang cuma bisa didapatkan di Kalimantan. Kera-kera tersebut dengan kalut menanti kemunculan klotok. Sekelompok monyet berwarna coklat muda yang berisikan 30 ekor sanggup menekuni dari dahan pohon setinggi 10 meter atau lebih ke sungai dan menyeberang pribadi di depan perahu. Monyet-monyet ini tahu bahwa bunyi mesin bahtera dan bahaya dari baling-balingnya menghasilkan takut buaya, yang menilai monyet gemuk ini lezat. Di malam hari, Anda bisa menikmati langit yang cerah dan bintang-bintang yang sungguh terang selaku satu-satunya lampu di malam hari.

    With such exotic nature, no wonder many tourists from foreign countries who love ecotourism frequently visit Tanjung Puting National Park. What about you?

    Dengan alam yang begitu eksotis, tidak heran banyak turis luar negeri yang menggemari ekowisata kerap mendatangi Taman Nasional Tanjung Puting. Bagaimana dengan Anda?

Untuk Task 2 akan saya diskusikan di postingan berikutnya aja ya. Jangan lupa berlangganan postingan modern lewat email dengan menekan tombol lonceng di kiri bawah layar. Supaya setiap kali saya upload artikel, kau akan mendapat notifikasi dari email.

Selain soal di atas, kalian juga bisa mendapatkan pembahasan soal bahasa inggris kelas 10 yang lain dengan menekan ini 👉 PEMBAHASAN SOAL

Previous
Next Post »
0 Komentar

Note: Only a member of this blog may post a comment.