5 Kiat Dalam Meraih Tujuan Berinvestasi

Admin October 29, 2021
 Tips Dalam Mencapai Tujuan Berinvestasi 5 Tips Dalam Mencapai Tujuan Berinvestasi
- Mendengar dongeng penanam modal berhasil di majalah terkemuka dan channel Youtube, mungkin menghasilkan kita bertanya-tanya, bagaimana orang-orang ini dapat berhasil meraih maksudnya dalam mengurus investasi.


Ingin rasanya mengikuti jejak mereka mudah-mudahan mendapat apa yang menjadi tujuan kita dalam berinvestasi, entah itu keleluasaan finansial, merencanakan dana pensiun, antisipasi ongkos nikah dan pendidikan anak-anak, atau untuk pergi haji dan umrah.

Oleh lantaran itu, ada 5 kiat super jitu untuk kalian dalam meraih Investment Goals (Tujuan-tujuan investasi) yang kalian harapkan secepatnya.

1. Miliki Tujuan Investasi Jangka Panjang

Hal pertama yang mesti kau miliki di saat berinvestasi merupakan Tujuan Investasi Jangka Panajng. Tujuan ini berfungsi selaku radar yang bisa  mendeteksi apakah kau masih di jalur yang benar atau malah keluar dari jalur yang seharusnya.

Formula sederhana yang dapat kau lakukan merupakan dengan rumus Future Value, yaitu

FV = PV x (1 + i)n
FV = Future Value (Tujuan Dana Investasi Jangka Panjang)
PV = Present Value (Dana Yang Dimiliki Saat Ini)
i = Suku Bunga
n = Jangka Waktu

Misalnya kau memiliki tujuan memiliki dana investasi Rp 100 juta dalam waktu 10 tahun dan return 20 % per tahun, maka dana yang perlu kau siapkan di sekarang ini adalah:

Rp 100 juta = PV x (1 + 20%)10 
Rp 100 juta = PV x 1.2010 
Rp 100 juta = PV x 6.19
PV = Rp 100 juta / 6.19
PV = Rp 16.2 juta

Maka, dana yang perlu kau siapkan di sekarang ini merupakan Rp 16.2 juta 

2. Prioritaskan Dana Untuk Investasi

Hal selanutnya yang perlu kau lakukan merupakan memiliki mindset (pola pikir) bahwa dana investasi merupakan prioritas.

Dengan memiliki mindset tersebut, kau akan berpengalaman dalam mengurus keuangan kau untuk mengutamakan dana untuk investasi apalagi dulu dan disiplin memperbesar jumlah investasi.

3. Evaluasi Kondisi Keuangan

Cobalah kembali penilaian keuangan kau selama simpulan tahun, apakah sesuai dengan tujuan yang kau tulis, mudah-mudahan kau dapat tahu apa yang mesti dijalankan untuk meraih investment goals kau nantinya.

4. Disiplin Menambah Dana Investasi

Setelah menghasilkan investment goals dan memeriksa keadaan keuangan, maka kita mesti berkomitmen memperbesar dana investasi dari waktu ke waktu. Sehingga tujuan kita akan lebih singkat tercapai.

5. Menjaga Gaya Hidup dan Jangan Gengsi

Gaya hidup ini serang kali jadi boomerang dalam hidup kita. Ingin terlihat kaya tetapi berprilaku konsumtif pada barang-barang yang tidak dikehendaki cuma untuk mendapat legalisasi dari orang yang tidak dikenal. 

Oleh lantaran itu, di saat penghasilan kita 2 juta dan cukup untuk ongkos hidup sehari-hari bahkan misalnya dapat investasi 500 ribu/ bulan, jangan hingga di saat honor kita naik jadi 5 juta malah investasinya tetap 500 ribu dan 4,5 juta dihamburkan ke hal yang kurang bermanfaat.

Ingat, kerap kali insan itu berbelanja sesuatu lantaran dorongan nafsu saja atau cuma lantaran ikut-ikutan orang disekitarnya. 

Demikian, 5 kiat dalam meraih investment goals untuk para penanam modal yang serius dalam berinvestasi jangka panjang. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Note: Only a member of this blog may post a comment.