Waspada Lowongan Kerja Penipuan Disosmed! Jangan Hingga Terjebak

Admin August 19, 2021
Waspada Lowongan Kerja Penipuan Disosmed Waspada Lowongan Kerja Penipuan Disosmed! Jangan Sampai Terjebak
- Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan secara online maupun offline, baik dari sosmed atau dari koran, harap waspada kepada lowongan kerja (loker) imitasi yang dibentuk oleh penipu.

Telah banyak problem penipuan lewat artikel lowongan kerja lewat Facebook yang ujung-ujungnya meminta duit dengan argumentasi selaku ongkos administrasi. Mulai dari minta duit sepuluh ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Oleh lantaran itu, berikut kami rangkum beberapa ciri lowongan kerja penipuan mudah-mudahan kita lebih waspada dan waspada sebelum menyesal dikemudian hari.

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Penipu

Berikut ciri-ciri yang layak diwaspadai selaku loker penipu:
  1. Mengatasnamakan perusahaan Perseroan Terbatas (PT), namun nama PT dan alamat PT tidak terdata di Google Maps. Bayangkan, usaha kecil saja terdaftar di Google Maps, masa suatu perusahaan tidak terdaftar.

  2. Menawarkan honor besar dan kepraktisan menggiurkan, serta tolok ukur gampang dari ijazah tingkat SD dan usia 40 tahun pun diterima.

  3. Respon chat Whatsapp cepat dan menginformasikan rute alamat lengkap dan detail.

  4. Menggunakan alamat email publik/gratisan (seperti @gmail atau @yahoo) atau sms (termasuk sejenis telegram atau whatsapp) selaku media komunikasi mengajukan lamaran.

  5. Komplotan penipu jikalau posting loker di Facebook seringkali mematikan fitur kolom komentar, ada juga yang mengaktifkan kolom komentar tetapi jarang.


Tempat Penipu Sebar Loker

Ada beberapa kawasan posting lowongan kerja yang ikut disusupi lowongan kerja palsu. Bukan memiliki arti kawasan ini tidak kredibel  ya, melainkan penipu ini berpura-pura berasal dari suatu PT.
  1. Komplotan penipu juga ada yang punya grup lowongan kerja dan halaman loker di Facebook.

  2. Selain posting loker di Facebook, persekutuan penipu juga posting loker di OLX, Indeed, Jooble dan situs internet lain.

  3. Komplotan penipu juga posting loker di media cetak (koran), meningkatkan dan menempelkan pamflet/brosur.


Tips Terhindar Dari Loker Penipu

Ada beberapa kiat yang bisa kita jadikan contoh mudah-mudahan terhindar dari lowongan pekerjaan imitasi atau penipuan, yaitu:
  1. Carilah nama PT yang ada di dalam lowongan kerja lewat Google Maps. Pastikan nama dan alamatnya sesuai.

  2. Lowongan kerja yang orisinil lazimnya tidak memungut ongkos apapun di saat pendaftaran/melamar, jadi kalau anda diminta transfer atau mengeluarkan duit ongkos tertentu, mohon untuk dipikirkan secara matang. Bisa jadi anda sedang ditipu.

  3. Pastikan PT tersebut memiliki email domain atau website. Misal nama PT nya yakni Indofood, maka email resminya lazimnya hrd@indofood.com bukan pakai @gmail atau @yahoo

Demikian kiat terhindar dari lowongan kerja penipuan yang mengatas namakan Perseroan Terbatas (PT), mudah-mudahan berharga dan keluarga terhindar dari kerugian yang ditimbulkan oleh pihak yang tidak bertangggung jawab.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Note: Only a member of this blog may post a comment.